Tuesday, December 16, 2008

Biscotti


Apa sih biscotti itu? Untuk yang belum tau, biscotti itu sejenis biskuit. Asal katanya dari bahasa latin biscoctus yang artinya 'dipanggang dua kali'. Nah karena dipanggang dua kali makanya biscotti ini agak keras. Biasanya dimakan dengan dicelupkan ke kopi panas. Rasanya..wah..uenak deh.

Untuk yang hobi bikin2 makanan kecil, nih ada resepnya. Selamat mencoba.


Biscotti Coklat

Bahan :
220 gr tepung terigu
28.5 gr bubuk coklat
1 st kopi bubuk
2 st baking powder
1/2 st garam
150 gr gula pasir
85 gr mentega
2 butir telur
1 1/2 st vanila cair
220 gr semisweet chocolate chips

Cara membuat :
Lapis loyang datar berukuran 9x14 cm dengan aluminum foil. Dengan kuas, sapukan lapisan mentega untuk mencegah adonan melekat di aluminum foil.

Panaskan oven dan atur temperatur 178 Celcius.

Campurkan tepung, bubuk coklat, baking powder, garam dan aduk rata dan sisihkan. Dengan menggunakan mixer, campur rata gula pasir dan mentega di sebuah baskom besar. Setelah adonan tercampur rata, masukan telur satu persatu. Kemudian masukan vanila.

Berikutnya masukan bahan kering tepung ke adonan basah dan biarkan tercampur rata. Terakhir masukan chocolate chips. Lanjutkan pengadukan dengan menggunakan tangan karena mixer akan sulit bergerak. Setelah tercampur, bentuk adonan menjadi balok seukuran 5x10 cm, dengan tebal sekitar 2 cm. Untuk membentuk adonan, basahkan ujung2 jari sehingga adonan tidak melekat. Bila adonan susah dibentuk, bisa dimasukkan kulkas sekitar 30 menit dulu.

Setelah balok terbentuk, masukkan ke oven dan panggang sekitar 25 menit.

Setelah waktu berlalu, keluarkan dan ademkan sebentar sehingga tidak terlalu panas sewaktu dipegang. Kemudian potong serong dengan lebar sekitar 2.5 cm. Atur kembali di loyang dengan bagian yg dipotong menghadap ke bawah dan panggang kembali sekitar 8menit. Setelah lewat waktunya, keluarkan dan balik supaya bagian atas sekarang menghadap ke bawah dan kembali panggang sekitar 8 menit.

No comments:

Post a Comment