Wednesday, December 17, 2008

Japchae - Soun goreng Korea

Saya belum berkesempatan mencicipi banyak restoran Korea di Jakarta. Satu-satunya yang pernah saya kunjungin, namanya ngga bisa muncul di ingatan. Tapi letaknya dekat bundaran HI. Kalo ngga salah, waktu itu saya dan keluarga makan di situ tidak disediakan piring2 kecil side dish. Tapi di San Jose, California dan sekitarnya, kalo berkunjung ke restoran Korea, selain mendapatkan apa yang dipesan dari menu, juga akan disuguhkan side dish. Side dish bisa bermacam-macam. Tapi yang terutama dan selalu harus ada tentu saja Kimchi, bisa kimchi sawi putih dan bisa juga kimchi lobak. Terkadang ada goreng tahu yang dikasih sedikit 'sambal' merah atasnya. Dan juga ada toge kedelai dan soun goreng ala Korea alias Japchae.

Setelah saya tau cara membuatnya, wah ternyata Japchae ini simpel sekali cara pembuatannya dan sehat lagi. Bisa dibuat makanan vegetarian, yaitu dengan tidak menggunakan daging sapi.

Japchae
(untuk 4 orang)

Bahan :
Soun korea (dang myun) 당면
150 gr daging sapi - iris tipis panjang kira2 3-4 cm
1 ikat pochai - di Jkt biasanya dijual komplit dengan akarnya yg sedikit merah jambu.
2 buah wortel, iris tipis, panjang kira 2-3 cm
1 buah bawang bombay, potong tipis
5 buah jamur hioko
3 siung bawang putih
7-8 daun bawang
kecap asin, gula pasir, lada putih, minyak wijen dan wijen secukupnya

Siapkan bahan :
Rendam jamur hioko sekitar 2 jam, peras kering dan iris tipis
Potong daun bawang sekitar 5-6 cm
Cincang bawang putih

Cara memasak :
Panaskan 2 sm minyak di kuali. Masukkan wortel dan aduk2 sekitar 5 menit. Kemudian masukkan daging sapi, jamur hioko dan bawang putih. Aduk sekitar 2 menit. Kemudian masukkan bawang bombay, daun bawang dan aduk2 sampai semua tercampur rata. Sebelum diangkat tuangkan 1 sm kecap asin dan 1/2 sm minyak wijen. Angkat isi kuali dan tuangkan ke mangkok besar.

Panaskan air di panci besar untuk merebus soun dan pochai. Cuci bersih pochai dan buang akarnya. Setelah air mendidih, masukkan pochai. Sekitar 30 detik-1 menit, keluarkan dan peras air semampunya kemudian potong kira 5-6 cm. Masukkan pochai ke mangkok besar. Jangan buang air dari rebusan, karena masih bisa digunakan untuk merebus soun.

Masukkan soun secukupnya ke air mendidih dan rebus kira 5-6 menit, tergantung petunjuk yang tertera di bungkus soun. Jangan merebus terlalu lama karena soun akan menjadi terlalu lembek. Soun harus sedikit kenyal tapi tidak terlalu keras. Setelah dirasa cukup al dente, keluarkan soun dari air panas dan masukkan ke mangkok besar untuk digabungkan dengan pochai dan bahan2 lainnya. Kemudian tuangkan 2 sm kecap asin, 3 sm gula pasir, 3 sm minyak wijen dan aduk rata. Bisa disajikan dengan sedikit taburan wijen di atas.

No comments:

Post a Comment